Skip to main content

5 Tips Berkarier Di Jakarta : Bekali Dengan Ilmu Keterampilan Dan Akhlak Yang Baik

Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang dikenal dengan sebutan kota metropolitan. Jakarta adalah pusat bisnis, industri dan pemerintahan yang sangat vital. Banyak perusahaan semi nasional maupun internasional yang berdiri di kota ini, karena dianggap memiliki lokasi yang sangat strategis.


Bagi kamu yang berminat mencoba peruntungan karier di Jakarta, perhatikan tips-tips dibawah ini.

Tips Berkarier di Jakarta
  1. Persiapkanlah rencana dan tujuan yang jelas
Sebelum kamu memulai karier di tempat orang, persiapkanlah planning atau rencana yang jelas. Perencanaan akan mengarahkan kamu pada segala hal yang akan dicapai dan bagaimana cara mencapainya. Buatlah perencanaan yang berorientasi ke depan, artinya bahwa rencana yang kamu susun merupakan suatu cita-cita yang besar. Sehingga akan selalu menjadi impian dan selalu dalam benakmu di manapun kamu berada.
  1. Milikilah mental sekuat baja
Mengingat dunia kerja tidak selalu semudah yang kamu bayangkan, banyaknya penduduk serta berbagai sifat yang dimiliki, memungkinkan terjadinya persaingan dalam mencapai apa yang diinginkan. Oleh karena itu bekalilah diri kamu dengan mental yang kuat agar tidak mudah menyerah dalam bersaing.
  1. Bekali diri dengan suatu keahlian yang unik dan besar
Dalam dunia kerja yang dicari adalah skill atau keahlian. Apabila kamu memiliki keahlian yang mumpuni dalam suatu bidang, bisa jadi karier kamu akan mulus. Pada umumnya, dunia kerja mencari skill-skill yang unik yang tidak dimiliki oleh orang lain.
  1. Jangan mudah terbawa arus pergaulan
Pergaulan di Jakarta sangat bebas, jadi jika kamu tidak pandai dalam memilih teman, bisa jadi teman tersebut yang akan menjerumuskanmu pada berbagai tindakan yang menyimpang, seperti penyalahgunaan narkoba, kehidupan malam di Jakarta, dan masih banyak lagi.
  1. Senantiasa berdoa
Selain tips-tips diatas kamu juga harus senantiasa membekali diri dengan ibadah gara tidak mudah terjerumus pada pergaulan bebas yang menimbulkan dosa dan jadikanlah doa sebagai kekuatan kamu untuk hidup di Jakarta.

Sebagai pusat kegiatan ekonomi, tak ayal jika di Jakarta banyak menawarkan peluang karier yang menjanjikan.

5 Bidang Karier Yang Paling Diminati Di Jakarta

Dari berbagai macam karier yang ada, berikut ini adalah beberapa bidang karier yang paling diminati di daerah ibu Kota Jakarta.
  1. Karier dunia hiburan/keartisan
Kota Jakarta merupakan kiblatnya dunia hiburan di Indonesia, sehingga tidak heran jika banyak perusahaan perfilman di pusat ibu kota ini. Dunia hiburan berkembang pesat menyebabkan banyaknya permintaan akan produk hiburan. Hal ini mengakibatkan dibutuhkannya talent-talent aktor maupun aktris yang berbakat untuk memenuhi target pasar dalam dunia hiburan. Dunia hiburan sendiri meliputi, dunia peran, dunia tarik suara, dll.

Dunia hiburan yang selalu menjadi trendsetter mempunyai peluang sangat menjanjikan dalam meniti karier. Kesempatan berkarier di dunia hiburan pun sangat terbuka lebar bagi siapa pun, dari daerah manapun dan dari latarbelakang pendidikan apapun. Hal yang terpenting dalam dunia hiburan yaitu kemampuan dan bakat unik yang kamu miliki.
  1. Karier dunia pemerintahan
Mengingat Jakarta adalah ibu kota Indonesia, jadi sangat wajar jika di kota ini merupakan pusat pemerintahan dan banyak terdapat gedung-gedung serta lembaga pemerintahan, seperti gedung DPR RI, Kedubes, dan Kementerian RI. Bagi kamu yang memiliki otak yang encer dan memiliki minat mengabdi pada negara, karier dunia pemerintahan ini bisa jadi sangat cocok.

Karier dalam dunia pemerintahan tidak melulu tentang politik, melainkan meliputi berbagai bidang seperti dunia pariwisata di Kementerian Pariwisata, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dll. Selain itu karier di bidang pemerintahan sangat menjanjikan karena gaji yang ditawarkan lumayan tinggi dan tidak adanya sistem outsourcing atau sistem kontrak.
  1. Karier dalam bisnis properti
Jakarta merupakan kota metropolitan yang sangat banyak penduduk, karena adanya urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Sehingga kebutuhan akan perumahan menjadi salah satu hal yang pokok.

Hal tersebut menjadi peluang bagi kamu yang tertarik dan mempunyai bakat di dunia arsitek maupun desain bangunan. Karena kamu bisa menjadi kontraktor pembangunan rumah, perumahan elit maupun pusat perbelanjaan, seperti yang banyak kita jumpai di kota-kota besar.

Kebutuhan akan tanah, rumah beserta isinya selalu menjadi prioritas bagi masyarakat karena merupakan kebutuhan primer. Tak heran jika karier dalam bidang property memiliki peluang yang menjanjikan. Seperti halnya, Agung Podomoro yang merupakan salah satu kontraktor besar dalam bidang property di Jakarta.
  1. Karier dalam bisnis kuliner
Manusia tidak bisa lepas akan kebutuhan pangan, sehingga dapat dikatakan bahwa bisnis makanan atau kuliner tidak akan pernah mati. Bahkan tren kuliner terus meningkat dari tahun ke tahun.
Hal ini juga didukung oleh perkembangan dunia digital dan pengguna media sosial di Jakarta bahkan Indonesia, yang memicu kreasi dan inovasi kuliner di Indonesia. Apalagi jika mengingat penduduk Jakarta yang kebanyakan mempunyai sifat konsumtif.  Jadi bisnis kuliner ini bisa menjadi pilihan karier dalam hidup kamu.
  1. Karier dalam seni kreatif dan desain.
Dalam bidang ini terdapat tiga bidang karier yang sangat menjanjikan seperti desain interior, fotografi, fashion dll.

Bagi kamu yang berkarier di bidang ini, jangan khawatir akan prospek ke depan. Karena bidang ini memiliki bidang kerja yang luas dan sangat fleksibel dalam hal waktu, cara dan lokasi kerja. Serta gaji yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, Karena yang namanya ide atau karya itu tidak murah. Bagi kamu yang mempunyai bakat dalam menggambar, juga bisa mengaplikasikan skill kamu dalam bidang fashion atau menjadi seorang desainer profesional.

Pilihlah karier sesuai dengan minat dan bakat kamu, sehingga kamu akan enjoy dalam menjalaninya. Kehidupan di kota metropolitan sangatlah keras, jadi bentengilah diri kamu dengan akhlak yang baik.

Popular posts from this blog

Mengapa Banjir Selalu Menjadi Masalah di Jakarta? Yuks Kita Ngobrol Ringan tapi Bermanfaat

Bencana alam banjir memang sering terjadi di sekitar kita. Baik banjir dalam skala kecil, dalam arti banjir yang dangkal, hingga banjir bandang. Salah satu daerah di Indonesia yang populer menjadi langganan banjir adalah Ibukota negara sendiri, yaitu Jakarta. Kita semua pasti sudah tidak heran lagi ketika mendengar kota tersebut terkena banjir, terutama di musim penghujan. Masalah banjir ini seakan menjadi momok yang belum terselesaikan hingga sekarang. Warga Jakarta sendiri juga sudah cukup resah karena hampir setiap tahun kedatangan bencana ini. Sudah seharusnya kita menyadari apa saja penyebab banjir yang sering melanda Jakarta, agar bisa memikirkan jalan keluarnya bersama-sama. Penyebab Banjir yang Selalu Menjadi Masalah di Jakarta Hidup di Ibukota memang tidak mudah. Kamu harus siap menghadapi berbagai masalah pelik yang ada di sana. Baik itu masalah sosial, ekonomi, hingga bencana. Kamu pastinya sudah akrab dengan bencana banjir yang datang, seolah Jakarta memang menjadi

Jangan Lupakan 5 Tips paling Penting Ini Sebelum Anda Pindah Pekerjaan ke Jakarta

Setiap orang pasti mendambakan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya. Biasanya jalan yang banyak dipilih adalah dengan merantau untuk mencari sesuatu yang baru. Hal ini bisa kamu lakukan dengan pindah pekerjaan ke Ibukota. Jakarta sendiri adalah kota metropolitan yang umumnya dijadikan sebagai tujuan dalam mencapai impian. Ketika kamu sudah membulatkan tekad untuk pindah bekerja dari kota lain ke Jakarta, artinya kamu akan menghadapi level kehidupan yang baru. Berbagai persiapan pun akan kamu butuhkan untuk mengetahui gambaran bagaimana kehidupanmu di sana nantinya. Hal-Hal yang ‘Susah’ Didapatkan di Jakarta Beberapa fakta menunjukkan bahwa Ibukota mempunyai segudang permasalahan yang kompleks dan masih sulit ditangani sampai sekarang. Memang masalah-masalah tersebut bisa terjadi di mana saja, tapi karena Jakarta adalah pusat kehidupan, tentu tingkat permasalahannya pun lebih tinggi. Inilah beberapa hal yang masih sulit untuk kamu dapatkan di Jakarta : Tempat Tingga

Di Manakah Lokasi yang Paling Nyaman di Jakarta Untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Hidup di Jakarta menjadi salah satu pilihan yang dibuat oleh orang demi mencapai tujuan yang mereka inginkan. Berbagai masalah pelik yang ada di sana pun tak mengurangi semangat mereka demi mempunyai pengalaman baru yang belum tentu bisa didapatkan dari tempat lain. Untuk hidup di kota besar tersebut, kamu pun harus pintar-pintar memilih tempat tinggal yang cocok dan nyaman. Dengan tempat tinggal yang nyaman tersebut pastinya kamu akan betah menjalani babak kehidupan barumu. Rekomendasi Lokasi Tempat Tinggal di Jakarta Baik tempat tinggal yang berbentuk kost-kostan, rumah kontrakan, apartemen, maupun rumah pribadi, kamu harus bisa menemukan lokasi yang tepat. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu dapat beristirahat dengan tenang selepas aktivitas seharian. Sebab, pasti tak akan mudah menghadapi kerasnya kehidupan di Jakarta. Maka dari itu, pertimbangkanlah lokasi-lokasi yang akan membuatmu tenteram di tengah hiruk pikuknya Ibukota. Di bawah ini adalah daftar lokasi tempat ting