Skip to main content

Tips Menghindari Kerugian Saat Membeli atau Menjual Rumah di Area DKI Jakarta

Membangun keluarga kurang lengkap tanpa adanya tempat tinggal yang memadai. Inilah mengapa kebutuhan akan tempat tinggal, terutama rumah, semakin meningkat dan diincar banyak orang.

Apalagi rumah pribadi sangat bermanfaat untuk jangka panjang dan dapat dijadikan sebagai investasi masa depan. Sehingga, persaingan ketat demi mendapatkan rumah idaman tak dapat dihindari lagi. Perlu trik-trik khusus agar mendapatkan rumah sesuai dengan yang diinginkan.


Hal ini juga berlaku bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta. Karena pertumbuhan penduduk yang tinggi, maka kebutuhan akan rumah juga semakin meningkat. Kamu pun bisa menggunakan kesempatan ini untuk menjual rumah yang dimiliki atau membeli rumah baru demi menunjang kehidupan yang lebih baik.

Tips Agar Tidak Rugi Dalam Membeli Rumah

Ketika kamu memutuskan untuk tinggal di Ibukota dan berencana untuk membeli rumah, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang rumah dijual di Jakarta ini. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena telah membeli rumah yang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. Berikut adalah tips-tipsnya :

1. Pikirkan Tujuan Jangka Panjang dalam Membeli Rumah

Tips pertama yang perlu kamu cermati adalah memikirkan kembali apa tujuanmu membeli rumah dalam jangka waktu panjang. Rumah yang kamu beli tentunya harus bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi keluarga.

Jangan asal membeli rumah karena tergiur dengan harga murah, tapi kamu tidak tahu betul mengenai rincian rumah tersebut. Bisa jadi rumah itu dijual murah karena beberapa faktor. Misalnya saja akses yang begitu sulit sehingga jarang ada orang yang mau membelinya.

Selain itu, jika tujuanmu membeli rumah adalah untuk dibuat sebagai kost-kostan atau sewa rumah, kamu juga jangan mengabaikan kualitasnya. Kamu akan kesulitan menemukan konsumen yang mau menerima keadaan rumahmu dengan kualitas yang tidak baik. Maka dari itu, pikirkanlah dengan matang-matang karena mencari rumah di Jakarta tidaklah mudah.

2. Belilah Rumah Sesuai dengan Kebutuhannya

Tips kedua yang perlu kamu perhatikan adalah membeli rumah sesuai kebutuhan. Pastikan bahwa kamu membeli rumah tidak serta merta hanya untuk koleksi saja, tapi harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Contohnya, ketika kamu membeli rumah untuk keluarga kecil dengan dua orang anak, maka carilah rumah yang memiliki luas dan ruangan cukup untuk kehidupan satu keluarga tersebut.

Jangan mencari rumah yang terlalu besar karena akan terbuang sia-sia. Kecuali jika kamu mempunyai ide untuk merenovasinya dan dijadikan sebagai rumah sewa atau kost-kostan dengan beberapa kamar.

3. Waktu yang Tepat Untuk Membeli Rumah

Berikutnya waktu untuk membeli rumah dapat ditentukan dari diri kamu sendiri. Tidak ada patokan khusus kapan harus membelinya. Jadi, waktu yang paling pasa adalah ketika kamu memang sedang membutuhkannya dan uang yang dimiliki sudah cukup untuk membeli sebuah rumah. Karena, kamu juga harus tahu berapa range harga-harga rumah di Jakarta, sehingga tidak ada salahnya untuk mengumpulkan dari jauh-jauh hari.

Sebenarnya membeli rumah memang tidak harus secara tunai. Bisa melalui sistem KPR dengan cicilan dalam jangka waktu tertentu. Tapi semua itu kembali lagi pada kamu. Karena sistem KPR pun juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

4. Lakukan Survey dengan Teliti

Satu hal yang perlu kamu cermati dalam membeli rumah agar tidak menyesal dan merasa rugi di kemudian hari adalah dengan melakukan survey terlebih dahulu. Datangi beberapa rumah dijual di Jakarta. Kamu bisa melihat bagaimana akses menuju rumah tersebut, lalu kondisi serta struktur bangunannya, keadaan lingkungan sekitar, fasilitas umum yang tersedia, hingga kebersihannya. Semua itu harus kamu periksa dengan baik agar semua masalah terselesaikan setelah kamu membelinya.

5. Konsultasi dengan Agen Properti

Kamu juga bisa mencari rumah melalui agen properti. Cara ini tergolong lebih simple karena para agen pastinya memiliki rekomendasi-rekomendasi rumah terbaik bagi para konsumennya. Konsultasikan pada para agen tersebut untuk mendapatkan rumah impian kamu di Jakarta. Pastikan pula bahwa informasi yang mereka sampaikan itu memang benar adanya.

Tips Menjual Rumah di Jakarta yang Menguntungkan

Ketika kamu mempunyai sebuah rumah dan memutuskan untuk menjualnya, maka lakukanlah dengan baik. Kamu harus memperhatikan apa saja kebutuhan masyarakat yang sedang mencari sebuah rumah dijual di Jakarta. Tapi kamu juga perlu berhati-hati, supaya penjualan tersebut tidak mendatangkan kerugian. Inilah beberapa tips menjual rumah yang menguntungkan :

1. Perbaiki Kondisi Rumah

Memperbaiki kondisi rumah sebelum dijual memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi hal ini bukan berarti kamu akan mengalami kerugian. Rumah dalam keadaan bagus tentunya akan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Sehingga, para calon pembeli akan menaruh kepercayaan atas kualitas dari rumahmu itu.

Renovasi yang dilakukan juga tidak perlu besar-besaran. Kamu hanya perlu mengganti beberapa bagian yang sudah rusak. Lalu pastikan juga keadaan rumah dalam kondisi yang bersih dan terawat. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dalam penjualan rumah.

2. Pasang Harga yang Sesuai

Salah satu hal yang paling krusial adalah dalam menentukan harga rumah. Bagaimana caranya supaya bisa memasang harga dengan tepat? Yakni dengan mengetahui harga pasaran tanah di daerah Jakarta. Maka selanjutnya kamu akan bisa memperkirakan berapa besarnya harga rumah yang wajar.

Kamu bisa melakukannya dengan survey terlebih dahulu. Carilah pada situs-situs yang menjual tentang properti. Perkirakan berapa luas tanah dan bangunan dari rumahmu. Setelah itu, kamu pasti akan menemukan harga pas yang bisa dijadikan patokan.

3. Minta Bantuan Agen Properti

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta bantuan dari agen properti. Cara ini bisa dicoba ketika kamu memang tidak mempunyai cukup waktu untuk mempromosikan rumahmu. Para agen properti akan menjual rumahmu dalam waktu yang cepat, karena mereka mempunyai koneksi yang luas.

Tapi, perlu diingat, menggunakan jasa agen properti artinya kamu juga harus menyiapkan komisi untuk mereka. Biasanya komisi yang diberikan sebesar 2,5% dari total harga jual rumah. Angka ini sudah cukup pas untuk mereka. Selain itu, kalau kamu masih merasa bingung dalam menentukan harga rumah, kamu juga bisa mengkonsultasikannya pada agen properti tersebut.

4. Buat Situs Khusus Penjualan Rumah

Nah, lain ceritanya kalau kamu punya waktu lebih untuk mempromosikan rumah. Cara yang satu ini bisa digunakan, karena kehidupan kita tak lepas dari teknologi dan internet. Yaitu dengan membuat situs khusus penjualan rumah. Cara ini cukup efektif mengingat masyarakat yang hidupnya sudah sangat tergantung pada internet dalam mencari berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Jangan lupa untuk memberikan beberapa foto dari bagian rumah yang kamu jual. Ambil gambar pada setiap sudut dan ruangan-ruangan penting. Supaya para calon pembeli tahu bagaimana gambaran rumahmu. Sisipkan juga rincian informasinya secara detail, termasuk harganya.

5. Lanjutkan dengan Media Sosial

Satu lagi cara promosi yang efektif dan efisien di jaman sekarang adalah melalui media sosial. Setelah kamu membuat situs untuk rumahmu yang dijual, maka kamu bisa membagikannya di media sosial. Media sosial menjadi wadah yang tepat karena hampir seluruh orang di dunia mengaksesnya. Sehingga informasi mengenai penjualan rumahmu akan tersebar dengan cepat. Semua orang bisa tahu informasi mengenai rumahmu.

Demikian beberapa tips menghindari kerugian dalam membeli rumah atau menjual rumah di Jakarta. Tips-tips di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga ulasan ini bermanfaat ya.

Popular posts from this blog

Mengapa Banjir Selalu Menjadi Masalah di Jakarta? Yuks Kita Ngobrol Ringan tapi Bermanfaat

Bencana alam banjir memang sering terjadi di sekitar kita. Baik banjir dalam skala kecil, dalam arti banjir yang dangkal, hingga banjir bandang. Salah satu daerah di Indonesia yang populer menjadi langganan banjir adalah Ibukota negara sendiri, yaitu Jakarta. Kita semua pasti sudah tidak heran lagi ketika mendengar kota tersebut terkena banjir, terutama di musim penghujan. Masalah banjir ini seakan menjadi momok yang belum terselesaikan hingga sekarang. Warga Jakarta sendiri juga sudah cukup resah karena hampir setiap tahun kedatangan bencana ini. Sudah seharusnya kita menyadari apa saja penyebab banjir yang sering melanda Jakarta, agar bisa memikirkan jalan keluarnya bersama-sama. Penyebab Banjir yang Selalu Menjadi Masalah di Jakarta Hidup di Ibukota memang tidak mudah. Kamu harus siap menghadapi berbagai masalah pelik yang ada di sana. Baik itu masalah sosial, ekonomi, hingga bencana. Kamu pastinya sudah akrab dengan bencana banjir yang datang, seolah Jakarta memang menjadi

Jangan Lupakan 5 Tips paling Penting Ini Sebelum Anda Pindah Pekerjaan ke Jakarta

Setiap orang pasti mendambakan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya. Biasanya jalan yang banyak dipilih adalah dengan merantau untuk mencari sesuatu yang baru. Hal ini bisa kamu lakukan dengan pindah pekerjaan ke Ibukota. Jakarta sendiri adalah kota metropolitan yang umumnya dijadikan sebagai tujuan dalam mencapai impian. Ketika kamu sudah membulatkan tekad untuk pindah bekerja dari kota lain ke Jakarta, artinya kamu akan menghadapi level kehidupan yang baru. Berbagai persiapan pun akan kamu butuhkan untuk mengetahui gambaran bagaimana kehidupanmu di sana nantinya. Hal-Hal yang ‘Susah’ Didapatkan di Jakarta Beberapa fakta menunjukkan bahwa Ibukota mempunyai segudang permasalahan yang kompleks dan masih sulit ditangani sampai sekarang. Memang masalah-masalah tersebut bisa terjadi di mana saja, tapi karena Jakarta adalah pusat kehidupan, tentu tingkat permasalahannya pun lebih tinggi. Inilah beberapa hal yang masih sulit untuk kamu dapatkan di Jakarta : Tempat Tingga

Di Manakah Lokasi yang Paling Nyaman di Jakarta Untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Hidup di Jakarta menjadi salah satu pilihan yang dibuat oleh orang demi mencapai tujuan yang mereka inginkan. Berbagai masalah pelik yang ada di sana pun tak mengurangi semangat mereka demi mempunyai pengalaman baru yang belum tentu bisa didapatkan dari tempat lain. Untuk hidup di kota besar tersebut, kamu pun harus pintar-pintar memilih tempat tinggal yang cocok dan nyaman. Dengan tempat tinggal yang nyaman tersebut pastinya kamu akan betah menjalani babak kehidupan barumu. Rekomendasi Lokasi Tempat Tinggal di Jakarta Baik tempat tinggal yang berbentuk kost-kostan, rumah kontrakan, apartemen, maupun rumah pribadi, kamu harus bisa menemukan lokasi yang tepat. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu dapat beristirahat dengan tenang selepas aktivitas seharian. Sebab, pasti tak akan mudah menghadapi kerasnya kehidupan di Jakarta. Maka dari itu, pertimbangkanlah lokasi-lokasi yang akan membuatmu tenteram di tengah hiruk pikuknya Ibukota. Di bawah ini adalah daftar lokasi tempat ting