Skip to main content

Mengapa Banjir Selalu Menjadi Masalah di Jakarta? Yuks Kita Ngobrol Ringan tapi Bermanfaat

Bencana alam banjir memang sering terjadi di sekitar kita. Baik banjir dalam skala kecil, dalam arti banjir yang dangkal, hingga banjir bandang. Salah satu daerah di Indonesia yang populer menjadi langganan banjir adalah Ibukota negara sendiri, yaitu Jakarta. Kita semua pasti sudah tidak heran lagi ketika mendengar kota tersebut terkena banjir, terutama di musim penghujan.


Masalah banjir ini seakan menjadi momok yang belum terselesaikan hingga sekarang. Warga Jakarta sendiri juga sudah cukup resah karena hampir setiap tahun kedatangan bencana ini. Sudah seharusnya kita menyadari apa saja penyebab banjir yang sering melanda Jakarta, agar bisa memikirkan jalan keluarnya bersama-sama.

Penyebab Banjir yang Selalu Menjadi Masalah di Jakarta

Hidup di Ibukota memang tidak mudah. Kamu harus siap menghadapi berbagai masalah pelik yang ada di sana. Baik itu masalah sosial, ekonomi, hingga bencana. Kamu pastinya sudah akrab dengan bencana banjir yang datang, seolah Jakarta memang menjadi tempat favoritnya.

Bencana banjir tersebut tentu disebabkan oleh beberapa faktor, yang sampai kini permasalahannya belum teratasi dengan baik. Apa saja masalah utamanya?
  1. Sampah
Masalah utama yang menjadi penyebab banjir di Jakarta adalah sampah. Karena, semua sampah tersebut dibuang secara sembarangan, bukan di tempat yang sudah disediakan. Banyak warga Jakarta yang tidak menyadari tindakan mereka, dengan membuang sampah sembarangan yang bisa menyumbat saluran air, sehingga terjadilah banjir.

Terlebih lagi pembuangan sampah ini banyak dilakukan di area sungai. Tak heran jika sungai-sungai di Jakarta sudah tidak ada yang bersih. Ketika musim hujan tiba, sungai-sungai tersebut akan meluap ke daratan, sehingga banjir tak dapat terhindarkan lagi.
  1. Kurangnya Daerah Resapan Air
Lahan berupa tanah di Jakarta sudah mengalami penipisan. Hal ini diakibatkan oleh berbagai proyek pembangunan yang dilakukan oleh berbagai pihak, demi memenuhi kebutuhan properti. Dampak buruk dari maraknya pembangunan ini adalah sudah tidak ada lagi tanah yang bisa menjadi resapan air saat musim penghujan tiba. Jadi, air tak bisa masuk ke dalam tanah dan akan mengalir begitu saja di atas permukaan. Sehingga lama-lama akan menggenang.
  1. Tak Ada Tempat Untuk Menampung Air
Pada jaman dulu, Jakarta mempunyai banyak waduk yang digunakan sebagai tempat menampung air ketika hujan. Sehingga bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan selama musim kemarau tiba. Tapi, pada sekarang, dari sekian banyak waduk yang ada di sekitar Jakarta, hanya ada beberapa saja yang masih berfungsi. Sedangkan waduk yang lain, kondisinya sudah rusak dan diubah menjadi area pemukiman.
  1. Penurunan Permukaan Tanah
Penyebab selanjutnya mengapa banjir selalu menjadi masalah di Jakarta adalah karena sekarang ini permukaan tanah Jakarta mengalami penyusutan. Penurunan ini bisa menimbulkan masalah besar di masa yang akan datang. Banyak pihak-pihak yang tak bertanggung jawab memanfaatkan tanah untuk kepentingan pembangunan industri, perusahaan dan lain-lain.
  1. Jebolnya Tanggul di Sekitar Pantai Utara
Penyebab selanjutnya adalah jebolnya tanggul di Pantai Utara akibat ombak yang terlalu tinggi. Ombak yang tinggi ini merupakan dampak dari cuaca buruk yang sering terjadi akhir-akhir ini. Jadi, ombak tersebut masuk ke wilayah daratan dan menyebabkan rob di sekitar Pantai Utara.

Solusi Dari Pemerintah dalam Menanggulangi Bencana Banjir

Sampai sekarang pun pemerintah daerah masih berusaha menggodog cara-cara yang tepat untuk mencegah datangnya banjir. Upaya pertama yang digalakkan oleh pemerintah adalah normalisasi sungai-sungai yang ada di Jakarta. Seperti yang kita ketahui, bahwa sungai-sungai tersebut sudah terkontaminasi oleh sampah, sehingga peru dilakukan normalisasi agar fungsi sungai kembali seperti semula.

Cara selanjutnya adalah dengan mencetuskan proyek pembangunan tanggul di wilayah Pantai Utara. Pembangunan tanggul tersebut rencananya akan dibangun setinggi 5 meter, dimana bisa mencegah ombak supaya tidak masuk ke wilayah daratan. Kemudian, langkah berikutnya yang terus diusahakan pemerintah adalah pembuatan sumur resapan. Tujuan pembuatan sumur resapan ini untuk memaksimalkan fungsi tanah yang pori-porinya sudah kosong, agar terisi lagi.

Masalah banjir di Jakarta memang menjadi PR besar bagi pemerintah setempat. Namun, sebagai warga yang baik, kamu juga harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya membantu kesuksesan program pemerintah tersebut. Cara yang paling simple adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Popular posts from this blog

Jangan Lupakan 5 Tips paling Penting Ini Sebelum Anda Pindah Pekerjaan ke Jakarta

Setiap orang pasti mendambakan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya. Biasanya jalan yang banyak dipilih adalah dengan merantau untuk mencari sesuatu yang baru. Hal ini bisa kamu lakukan dengan pindah pekerjaan ke Ibukota. Jakarta sendiri adalah kota metropolitan yang umumnya dijadikan sebagai tujuan dalam mencapai impian. Ketika kamu sudah membulatkan tekad untuk pindah bekerja dari kota lain ke Jakarta, artinya kamu akan menghadapi level kehidupan yang baru. Berbagai persiapan pun akan kamu butuhkan untuk mengetahui gambaran bagaimana kehidupanmu di sana nantinya. Hal-Hal yang ‘Susah’ Didapatkan di Jakarta Beberapa fakta menunjukkan bahwa Ibukota mempunyai segudang permasalahan yang kompleks dan masih sulit ditangani sampai sekarang. Memang masalah-masalah tersebut bisa terjadi di mana saja, tapi karena Jakarta adalah pusat kehidupan, tentu tingkat permasalahannya pun lebih tinggi. Inilah beberapa hal yang masih sulit untuk kamu dapatkan di Jakarta : Tempat Tingga

Di Manakah Lokasi yang Paling Nyaman di Jakarta Untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Hidup di Jakarta menjadi salah satu pilihan yang dibuat oleh orang demi mencapai tujuan yang mereka inginkan. Berbagai masalah pelik yang ada di sana pun tak mengurangi semangat mereka demi mempunyai pengalaman baru yang belum tentu bisa didapatkan dari tempat lain. Untuk hidup di kota besar tersebut, kamu pun harus pintar-pintar memilih tempat tinggal yang cocok dan nyaman. Dengan tempat tinggal yang nyaman tersebut pastinya kamu akan betah menjalani babak kehidupan barumu. Rekomendasi Lokasi Tempat Tinggal di Jakarta Baik tempat tinggal yang berbentuk kost-kostan, rumah kontrakan, apartemen, maupun rumah pribadi, kamu harus bisa menemukan lokasi yang tepat. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu dapat beristirahat dengan tenang selepas aktivitas seharian. Sebab, pasti tak akan mudah menghadapi kerasnya kehidupan di Jakarta. Maka dari itu, pertimbangkanlah lokasi-lokasi yang akan membuatmu tenteram di tengah hiruk pikuknya Ibukota. Di bawah ini adalah daftar lokasi tempat ting