Skip to main content

Kata Siapa Tinggal di Jakarta Sangat Tidak Nyaman? Inilah 5 Fakta Unik Kenyamanan Tinggal di Jakarta

Jakarta merupakan Ibukota Indonesia yang menjadi pusat peradaban. Kota ini menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat yang ingin merantau. Karena kota ini dipenuhi dengan berbagai macam jenis pekerjaan dan fasilitas-fasilitas menunjang. Inilah mengapa setiap tahunnya angka pendatang semakin meningkat, terutama setelah hari raya lebaran.


Tapi, tidak sedikit pula masyarakat yang beranggapan kalau Jakarta itu ‘mengerikan’. Selain tingkat persaingan yang tinggi, beberapa masalah kompleks khas Ibukota pun selalu mengancam. Baik itu dari segi politik, ekonomi, sosial, hingga bencana alam. Makanya, bagi mereka yang beranggapan seperti ini, lebih memilih untuk tetap tinggal di kota asalnya, daripada menghadapi risiko-risiko yang bisa merugikan diri sendiri.

5 Fakta Kelebihan Tinggal di Jakarta

Walaupun Jakarta terkesan ‘seram’, kota ini sebenarnya mempunyai berbagai pesona yang perlu kamu ketahui. Lama-lama kamu akan menemukan kenyamanan bahkan kerinduan saat tidak berada di sana lagi. Seperti ini 5 fakta tentang kelebihan tinggal di Jakarta:

1. Kebiasaan Bangun Pagi

Siapa bilang orang-orang yang tinggal di Jakarta punya sifat pemalas? Justru sebaliknya, mereka adalah orang-orang yang rajin. Ketika kamu bisa bangun siang di kota asalmu, maka jangan bermimpi hal yang sama bisa kamu lakukan di Jakarta, kecuali kamu ingin terlambat ke sekolah atau kantor setiap hari.

Karena kepadatan penduduk dan macet dimana-mana, masyarakat Jakarta tak punya pilihan lain selain berangkat lebih awal. Artinya, mereka harus sudah siap sepagi mungkin untuk menjalani aktivitasnya. Bahkan banyak yang sudah berangkat di waktu subuh.

Inilah alasan mengapa orang-orang yang tinggal di sana disebut sebagai orang yang rajin. Kamu pun demikian. Kalau sudah memutuskan untuk merantau di sana, kamu harus bisa mengikuti alurnya agar tidak shock dengan kebiasaan masyarakatnya yang serba cepat.

2. Menjadi Pribadi yang Lebih Disiplin dan Sabar

Meskipun kehidupan di Jakarta terkesan lebih keras daripada daerah lainnya, justru budaya inilah yang mampu membangun kebiasaan positif dalam diri kamu. Misalnya dalam hal kedisiplinan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan poin nomor 1. Ketika kamu bisa bangun pagi untuk menjalani aktivitas, maka kamu termasuk orang yang disiplin karena tak ingin terlambat bekerja.

Kedisiplinan juga berlaku tak hanya untuk waktu, tapi kedisiplinan dalam berpakaian, kedisiplinan terhadap peraturan dan sebagainya. Kamu pasti tak ingin ambil pusing dengan hal-hal yang bisa merugikan dirimu, sehingga kamu harus menjadi orang yang disiplin agar bisa tetap hidup di Jakarta.

Di sisi lain, kamu juga bisa melatih kesabaran. Misalnya saat menggunakan transportasi umum yang selalu padat atau dalam menghadapi kemacetan. Memang terkadang membuat stres, tapi di luar itu mental akan semakin tertempa dengan baik.

3. Lebih Bisa Menghemat Uang

Jakarta memiliki berbagai pusat perbelanjaan yang dipenuhi dengan benda-benda menarik berharga selangit. Kalau kamu tidak bisa mengontrol hasrat untuk membeli benda-benda tersebut, maka siap-siap saja uang akan langsung ludes. Seperti yang kita ketahui, biaya hidup di sana tergolong tinggi. Jadi, kamu harus memutar otak agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sekaligus menabung untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Jangan mudah tergiur dengan kehidupan yang penuh foya-foya. Apalagi jika kamu masih berpenghasilan pas-pasan. Cobalah untuk berhemat dengan tidak mengikuti arus gaya hidup yang glamor. Kamu akan sadar betapa pentingnya berhemat dan mengendalikan hawa nafsu di Ibukota.

4. Banyaknya Destinasi Wisata

Tidak hanya gedung-gedung pencakar langit dan mall-mall yang menghiasi kota Jakarta, kamu pun juga bisa menemukan berbagai destinasi wisata di sana. Kamu bisa mengunjunginya di akhir pekan sebagai ‘hadiah’ atas kerja kerasmu menghadapi kerumitan hidup di Jakarta. Kamu juga bisa merefresh otak agar lebih produktif lagi keesokan harinya saat kembali bekerja.

Beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Monas, yang merupakan sebuah monumen ikon dari Jakarta. Lalu, ada lagi Ancol, Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, Kota Tua, dan lain-lain. Kamu bisa mengajak beberapa temanmu untuk sekedar menghabiskan waktu dan bersenang-senang.

5. Apapun yang Kamu Butuhkan Ada

Satu lagi kelebihan dari tinggal di Jakarta yang bisa membuatmu nyaman dan tak ada di daerah lain adalah semua tentang kelengkapan yang tersedia. Apapun yang kamu butuhkan bisa ditemukan di Kota ini. Semua fasilitas umum dengan peralatan yang canggih, kebutuhan hidup, pakaian dari yang murah hingga mahal, hiburan dan masih banyak lagi. Semua kelengkapan akan kamu dapatkan di sini tanpa kesulitan.

Tips Menerapkan Hidup Hemat di Jakarta

Kehidupan di Jakarta memang menawarkan banyak hal yang menarik mata dan hati. Oleh karenanya kamu harus pandai dalam mengendalikan diri agar tidak boros dan kehabisan uang di sana. Cobalah beberapa tips ini supaya bisa hidup hemat di Jakarta :

1. Tempat Tinggal

Bila kamu statusnya sebagai perantau, maka salah satu masalah yang harus dihadapi adalah mencari tempat tinggal. Untuk berhemat, cobalah tinggal di tempat saudara terdekat kalau memang punya.

Jika tidak, maka kamu bisa tinggal di kost-kostan. Pilihlah kost dengan harga sesuai budget dan memenuhi syarat tempat tinggal. Paling tidak di dalamnya terdapat kasur dan lemari. Sedangkan fasilitas lain seperti kamar mandi luar atau dalam, AC, Wifi dan sebagainya hanyalah optional. Yang penting kamu bisa istirahat dengan nyaman.

2. Transportasi

Yang kedua berhubungan dengan transportasi. Kamu harus memastikan dulu apakah tempat tinggalmu dengan kantor jaraknya jauh atau dekat. Jika jaraknya cukup dekat, maka kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor. Tapi kamu juga harus siap terhadap risiko kemacetan.

Tapi jika sekolah atau tempat kerja jauh, lebih baik gunakan fasilitas transportasi umum. Berbagai macam transportasi umum ada di Jakarta. Seperti busway, taksi, ojek online, KRL, MRT dan sebagainya. Pilihlah transportasi umum yang paling efektif.

3. Makanan dan Kebutuhan Hidup

Untuk masalah makanan, supaya lebih hemat, kamu bisa mengakalinya dengan memasak sendiri dan membawanya sebagai bekal di kantor. Dengan ini kamu akan terhindar dari ‘jajan’ di luar kantor. Sedangkan untuk kebutuhan hidup, kamu harus menulis daftar yang benar-benar dibutuhkan saja. Lalu usahakan untuk membelinya di tempat-tempat yang terjangkau, bukan mall. Akan lebih baik lagi jika kamu membelinya saat ada promo.

Seperti itulah beberapa fakta kehidupan yang ada di Jakarta. Kamu tetap masih bisa hidup normal kok. Asal bisa menemukan sisi-sisi positifnya, pasti kamu akan betah tinggal di sana.

Popular posts from this blog

Mengapa Banjir Selalu Menjadi Masalah di Jakarta? Yuks Kita Ngobrol Ringan tapi Bermanfaat

Bencana alam banjir memang sering terjadi di sekitar kita. Baik banjir dalam skala kecil, dalam arti banjir yang dangkal, hingga banjir bandang. Salah satu daerah di Indonesia yang populer menjadi langganan banjir adalah Ibukota negara sendiri, yaitu Jakarta. Kita semua pasti sudah tidak heran lagi ketika mendengar kota tersebut terkena banjir, terutama di musim penghujan. Masalah banjir ini seakan menjadi momok yang belum terselesaikan hingga sekarang. Warga Jakarta sendiri juga sudah cukup resah karena hampir setiap tahun kedatangan bencana ini. Sudah seharusnya kita menyadari apa saja penyebab banjir yang sering melanda Jakarta, agar bisa memikirkan jalan keluarnya bersama-sama. Penyebab Banjir yang Selalu Menjadi Masalah di Jakarta Hidup di Ibukota memang tidak mudah. Kamu harus siap menghadapi berbagai masalah pelik yang ada di sana. Baik itu masalah sosial, ekonomi, hingga bencana. Kamu pastinya sudah akrab dengan bencana banjir yang datang, seolah Jakarta memang menjadi

Jangan Lupakan 5 Tips paling Penting Ini Sebelum Anda Pindah Pekerjaan ke Jakarta

Setiap orang pasti mendambakan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya. Biasanya jalan yang banyak dipilih adalah dengan merantau untuk mencari sesuatu yang baru. Hal ini bisa kamu lakukan dengan pindah pekerjaan ke Ibukota. Jakarta sendiri adalah kota metropolitan yang umumnya dijadikan sebagai tujuan dalam mencapai impian. Ketika kamu sudah membulatkan tekad untuk pindah bekerja dari kota lain ke Jakarta, artinya kamu akan menghadapi level kehidupan yang baru. Berbagai persiapan pun akan kamu butuhkan untuk mengetahui gambaran bagaimana kehidupanmu di sana nantinya. Hal-Hal yang ‘Susah’ Didapatkan di Jakarta Beberapa fakta menunjukkan bahwa Ibukota mempunyai segudang permasalahan yang kompleks dan masih sulit ditangani sampai sekarang. Memang masalah-masalah tersebut bisa terjadi di mana saja, tapi karena Jakarta adalah pusat kehidupan, tentu tingkat permasalahannya pun lebih tinggi. Inilah beberapa hal yang masih sulit untuk kamu dapatkan di Jakarta : Tempat Tingga

Di Manakah Lokasi yang Paling Nyaman di Jakarta Untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Hidup di Jakarta menjadi salah satu pilihan yang dibuat oleh orang demi mencapai tujuan yang mereka inginkan. Berbagai masalah pelik yang ada di sana pun tak mengurangi semangat mereka demi mempunyai pengalaman baru yang belum tentu bisa didapatkan dari tempat lain. Untuk hidup di kota besar tersebut, kamu pun harus pintar-pintar memilih tempat tinggal yang cocok dan nyaman. Dengan tempat tinggal yang nyaman tersebut pastinya kamu akan betah menjalani babak kehidupan barumu. Rekomendasi Lokasi Tempat Tinggal di Jakarta Baik tempat tinggal yang berbentuk kost-kostan, rumah kontrakan, apartemen, maupun rumah pribadi, kamu harus bisa menemukan lokasi yang tepat. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu dapat beristirahat dengan tenang selepas aktivitas seharian. Sebab, pasti tak akan mudah menghadapi kerasnya kehidupan di Jakarta. Maka dari itu, pertimbangkanlah lokasi-lokasi yang akan membuatmu tenteram di tengah hiruk pikuknya Ibukota. Di bawah ini adalah daftar lokasi tempat ting