Skip to main content

Jangan Lupakan 5 Tips paling Penting Ini Sebelum Anda Pindah Pekerjaan ke Jakarta

Setiap orang pasti mendambakan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya. Biasanya jalan yang banyak dipilih adalah dengan merantau untuk mencari sesuatu yang baru. Hal ini bisa kamu lakukan dengan pindah pekerjaan ke Ibukota. Jakarta sendiri adalah kota metropolitan yang umumnya dijadikan sebagai tujuan dalam mencapai impian.


Ketika kamu sudah membulatkan tekad untuk pindah bekerja dari kota lain ke Jakarta, artinya kamu akan menghadapi level kehidupan yang baru. Berbagai persiapan pun akan kamu butuhkan untuk mengetahui gambaran bagaimana kehidupanmu di sana nantinya.

Hal-Hal yang ‘Susah’ Didapatkan di Jakarta

Beberapa fakta menunjukkan bahwa Ibukota mempunyai segudang permasalahan yang kompleks dan masih sulit ditangani sampai sekarang. Memang masalah-masalah tersebut bisa terjadi di mana saja, tapi karena Jakarta adalah pusat kehidupan, tentu tingkat permasalahannya pun lebih tinggi.
Inilah beberapa hal yang masih sulit untuk kamu dapatkan di Jakarta :
  1. Tempat Tinggal
Tempat tinggal menjadi salah satu masalah utama yang masih digodog terus pemecahannya supaya masyarakatnya bisa mendapatkan keadilan, termasuk para pendatang. Jika kamu berencana untuk tinggal di Jakarta dalam jangka waktu pendek, maka lebih baik mencari kost-kostan saja atau rumah sewa bagi yang sudah berumah tangga. Dengan ini kamu masih bisa menghemat anggaran dan tetap bisa tinggal dengan nyaman.
  1. Jalanan yang ‘Normal’
Jalanan menjadi fasilitas umum yang bisa digunakan oleh siapa saja. Namun, kita tetap harus melihat hak-hak orang lain dalam menggunakan fasilitas itu. Kamu akan kesulitan menemukan jalanan yang normal di Jakarta. Kemacetan ada dimana-mana, bahkan di jalanan kecil seperti gang dan trotoar sekalipun.
  1. Keamanan yang Memadai
Tekanan yang ada di Ibukota mampu mendorong siapa saja untuk berbuat kejahatan. Jangan kaget jika menemukan beberapa kasus kriminal di sekitar saat kamu tinggal di sana. Selalu berhati-hati dimana pun kamu berada agar tak menjadi sasaran.

Tips yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pindah Pekerjaan

Setelah mengetahui beberapa informasi yang masih sulit ditemukan di Jakarta, sekarang saatnya membahas beberapa tips yang dibutuhkan sebelum pindah pekerjaan ke Ibukota. Kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan ketika sudah tinggal di sana, jadi kamu perlu membekali diri terlebih dahulu. Seperti ini beberapa tips yang perlu kamu persiapkan :
  1. Persiapkan Mental
Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah mental. Kehidupan di Jakarta tergolong keras. Kamu harus bisa bangun pagi-pagi sekali untuk memulai aktivitas, belum lagi menghadapi masalah kepadatan di setiap tempat, kemacetan, tekanan di kantor, dan berbagai permasalahan lain. Inilah mengapa kamu harus punya mental baja saat sudah memutuskan untuk pindah kerja di sini.

Tak ada gunanya mengeluh atau berputus asa. Kamu harus kuat dan tangguh untuk bisa hidup di sini. Selain itu, kuatkan juga pendirianmu agar tidak dipandang remeh oleh orang lain. Bersikaplah dengan tegas kepada siapapun untuk membentuk bentengmu sendiri.
  1. Buang Jauh Sikap Gengsi
Meskipun orang-orang di Jakarta cenderung mempunyai sikap yang cuek, bukan berarti mereka tidak peduli dengan orang lain. Kalau kamu hidup di sana dengan dipenuhi rasa gengsi, maka dijamin tidak ada yang mau membantumu. Kamu harus bisa menjalin pergaulan dengan siapapun karena tak ada tempat untuk bergantung.

Selain itu, kamu juga jangan menuruti gengsi dengan mengikuti gaya hidup berkelas ala orang Jakarta. Kehidupanmu tak akan berjalan dengan baik jika hanya ada sikap gengsi tanpa memikirkan risikonya.
  1. Jangan Mudah Menyerah
Mencari pekerjaan di Jakarta memang tidak mudah. Tapi peluang kerja di sana sebenarnya jauh lebih tinggi daripada kota lain. Karena, Jakarta mempunyai berbagai macam perusahaan, perkantoran, dan instansi yang pastinya membutuhkan banyak tenaga kerja. Jika kamu belum diterima di suatu perusahaan, maka carilah lowongan lain yang sesuai dengan minatmu.
  1. Tingkatkan Kualitas Diri
Tips lain agar kamu bisa survive bekerja di Jakarta adalah dengan meningkatkan diri. Baik dari segi soft skill maupun hard skill. Sebelum pindah ke Jakarta, asahlah terlebih dahulu kedua aspek tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti berbagai seminar maupun pelatihan. Dengan begitu, kamu akan memperoleh kehidupan lebih baik di sana.
  1. Perluas Pergaulan
Tips terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah perluas pergaulanmu di sana. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan komunitas dan menjalankan hobi. Kamu bisa cari tahu apa saja komunitas yang aktif melakukan kegiatan. Persiapkan juga hobimu yang bisa menunjang pergaulan serta membangun relasi baru.

Memang kehidupan di Jakarta tidaklah mudah untuk dijalani. Tapi kamu akan mendapatkan pengalaman baru dan bisa mencapai tingkatan hidup yang lebih tinggi.

Popular posts from this blog

Mengapa Banjir Selalu Menjadi Masalah di Jakarta? Yuks Kita Ngobrol Ringan tapi Bermanfaat

Bencana alam banjir memang sering terjadi di sekitar kita. Baik banjir dalam skala kecil, dalam arti banjir yang dangkal, hingga banjir bandang. Salah satu daerah di Indonesia yang populer menjadi langganan banjir adalah Ibukota negara sendiri, yaitu Jakarta. Kita semua pasti sudah tidak heran lagi ketika mendengar kota tersebut terkena banjir, terutama di musim penghujan. Masalah banjir ini seakan menjadi momok yang belum terselesaikan hingga sekarang. Warga Jakarta sendiri juga sudah cukup resah karena hampir setiap tahun kedatangan bencana ini. Sudah seharusnya kita menyadari apa saja penyebab banjir yang sering melanda Jakarta, agar bisa memikirkan jalan keluarnya bersama-sama. Penyebab Banjir yang Selalu Menjadi Masalah di Jakarta Hidup di Ibukota memang tidak mudah. Kamu harus siap menghadapi berbagai masalah pelik yang ada di sana. Baik itu masalah sosial, ekonomi, hingga bencana. Kamu pastinya sudah akrab dengan bencana banjir yang datang, seolah Jakarta memang menjadi

Di Manakah Lokasi yang Paling Nyaman di Jakarta Untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Hidup di Jakarta menjadi salah satu pilihan yang dibuat oleh orang demi mencapai tujuan yang mereka inginkan. Berbagai masalah pelik yang ada di sana pun tak mengurangi semangat mereka demi mempunyai pengalaman baru yang belum tentu bisa didapatkan dari tempat lain. Untuk hidup di kota besar tersebut, kamu pun harus pintar-pintar memilih tempat tinggal yang cocok dan nyaman. Dengan tempat tinggal yang nyaman tersebut pastinya kamu akan betah menjalani babak kehidupan barumu. Rekomendasi Lokasi Tempat Tinggal di Jakarta Baik tempat tinggal yang berbentuk kost-kostan, rumah kontrakan, apartemen, maupun rumah pribadi, kamu harus bisa menemukan lokasi yang tepat. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu dapat beristirahat dengan tenang selepas aktivitas seharian. Sebab, pasti tak akan mudah menghadapi kerasnya kehidupan di Jakarta. Maka dari itu, pertimbangkanlah lokasi-lokasi yang akan membuatmu tenteram di tengah hiruk pikuknya Ibukota. Di bawah ini adalah daftar lokasi tempat ting